Posted by: Fryana | December 23, 2009

Prospek Kelapa Sawit Tahun 2010

Tahun 2009 sebentar lagi berganti. 2010 tinggal beberapa hari lagi datang menghampiri kita. Bagaimanakah prediksi harga CPO pada tahun depan. Berikut adalah rangkuman dari berbagai berita yang dapat saya kumpulkan:

Pasar CPO pada 2010 Prospektif

Analisis Thomas Mielke dari Oil World (lembaga kajian minyak nabati yang berbasis di Hamburg, Jerman), Derom Bangun dari Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Ambono Janurianto dari Bakrie Sumatera Plantation, dan John Baker dari Rabobank International.

Mielke menuturkan, pasokan minyak nabati sejak September 2009 sampai Februari 2010 terbatas sehingga harga masih berpotensi naik dalam lima pekan mendatang. Produksi minyak bunga matahari dan kanola yang melemah juga membuat ketergantungan pada CPO dan kedelai meningkat.

CPO kini mencapai 56 persen ekspor dunia dan mencatat pertumbuhan pangsa pasar tertinggi dari minyak nabati lain. Pangsa pasar CPO dunia tumbuh dari 11,4 juta ton tahun 1990 menjadi 46,6 juta ton tahun 2009.

Menurut Derom, Januari-Februari 2010 merupakan masa permintaan CPO melonjak, terutama dari India dan China. Derom memperkirakan, harga CPO di Rotterdam bisa berkisar 800-825 dollar AS per ton dan 2.700 dollar AS per ton di Malaysia pada kuartal I-2010.

www.kompas.com

Harga CPO Menguat Hingga 2010

Harga minyak sawit mentah {crude palm oil/CPO) cenderung masih menguat hingga 2010, demikian pula sejumlah komoditas pertanian lain. Hal ini akan memicu investasi di sektor ini. Penguatan harga CPO itu terkait penurunan produksi sawit dan kedelai, yang merupakan bahan baku utama minyak nabati dunia.

Berdasarkan data Bloomberg, harga CPO di bursa Rotterdam (Belanda) kini mencapai USS 757.5 per ton atau naik 40,3% dibanding awal 2009 sebesar US$ 540. Harga komoditas ini mencapai rekor tertinggi US$ 1.395 per ton 3 Maret 2008, kemudian meluncur ke US$ 435 per ton pada 29 Oktober lalu.

Ke depan, menurut Aviliani, kebutuhan CPO dunia terus bertambah seiring naiknya harga minyak dunia. CPO dinilai mampu merespons kebutuhan bahan bakar di masa mendatang, karena persediaannya bisa diperbarui terus-menerus. “Pemenuhan kebutuhan bahan bakar tidak bisa hanya bergantung pada sumber daya minyak bumi, karena jumlahnya kian terbatas. Perhatian dunia kini mengarah pada energi alternatif, seperti biodiesel,” paparnya.

Selain itu, pemerintah perlu memberikan insentif fiskal kepada pelaku industri hilir terkait CPO. Dengan demikian, industri bernilai tambah tinggi di dalam negeri tumbuh dengan baik.

Investor Daily Indonesia


Permintaan CPO Dunia Meningkat 5,5 Juta Ton

Permintaan (demand) dunia terhadap minyak sawit (crude palm oil/ CPO) diprediksi naik 5,5 juta ton pada 2010. “Prediksi ini didasarkan pada naiknya konsumsi minyak nabati untuk kebutuhan pangan dan biofuel,” kata analis minyak nabati Dorab E Mistry dalam Indonesia Palm Oil Conference and Price Outlook 2010, di Nusa Dua, Bali, Jumat (4/12).

Dorab, yang berasal dari perusahaan besar India, Godrej ini menjelaskan, kenaikan permintaan CPO itu dipicu pertambahan kebutuhan pangan sekitar 4 juta ton dan industri biofuel 1,5 juta ton. Untuk tambahan stok CPO 2010, Dorab memperkirakan, turun dari perkiraan optimistis 4,45 juta ton menjadi hanya 3,25 juta ton, sehingga harga komoditas bakal terdorong ke level lebih tinggi.

Kondisi tersebut, ditambah iklim yang tidak bersahabat di beberapa negara produsen di Amerika Selatan, yang membuat produksi minyak nabati kurang bagus. Hal ini mendorong kenaikan harga, termasuk CPO, yang saat ini menguasai 56% pangsa pasar ekspor minyak nabati global.

Dia memprediksi, secara umum harga minyak nabati tahun depan akan naik antara US$ 100-200/ton dari posisi rata-rata tahun ini.

http://www.suarapembaruan.com/index.php?modul=news&detail=true&id=12277

Demikianlah beberapa artikel yang membahas mengenai prospek CPO di tahun 2010. Tentunya kita semua berharap agar CPO dari Kelapa Sawit terus berkembang lebih baik lagi, sehingga dapat dan mampu menjadi mesin penggerak utama perekonomian Indonesia. Dan mengangkat Indonesia dari Negara berkembang menjadi Negara maju.


Responses

  1. numpang mampir…., saya juga berminat dan tertarik dengnan kelapa sawit. soalnya di daerah saya Kalimantan banyak kebun sawit.
    link balik ke http://www.banjarmasin2007.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: