Posted by: Fryana | November 30, 2009

Meningkatkan Daya Saing Industri Kelapa Sawit Indonesia melalui Riset dan Penelitian

Semenjak tahun 1990-an kelapa sawit telah menjadi komoditi unggulan yang menghasilkan banyak devisa kepada Negara. Sebagai gambaran, produksi minyak sawit sebesar 14,3 juta ton yang memberikan pendapatan kepada pemerintah senilai 12,4 milyar US$. Begitupula dengan pertumbuhan areal perkebunan kelapa sawit terus meningkat 11.8% setiap tahunnya. Hingga tahun 2009, total luas lahan kelapa sawit menghasilkan 7,3 juta ton CPO.

Walaupun menjadi produsen terbesar minyak sawit dunia, tetapi komoditi ini belum memiliki rantai industry yang kuat. Contohnya saja,pengembangan industry hilir kelapa sawit nasional seperti biodiesel maupun oleokimia, dapat dikatakan masih jalan di tempat. Dibandingkan Cina dan Malaysia, produksi Indonesia untuk kedua produk tersebut masih dibawah 1 juta ton.

Di sector hulu, permasalahan juga kerap terjadi antara lain rendahnya produktifitas terutama pada perkebunan kelapa sawit rakyat. Masalah lain tentang kendala terkait masalah lingkingan dimana kelapa sawit dituding menjadi biang keladi kerusakan lingkungan, semisal pembakaran hutan, peningkatan GHG, dan perusakan habitat orang utan. Di produk minyak sawit, isu kesehatan juga perlu mendapat perhatian yang cukup serius oleh karena itu sebagai upaya memperkuat daya saing industry kelapa sawit nasional, dibutuhkan suatu pengembangan system penelitian nasional yang bersifat komprehensif yang disinergikan dengan kegiatan bisnis.

Sampai saat ini banyak penelitian dan makalah yang mengkaji kelapa sawit. Kajian itu tersebar disemua lini kelapa sawit, mulai dari hulu hingga ke hilir. Beberapa penelitian yang dapat berkontribusi pada pengembangan industry sawit antara lain: pengembangan bibit sawit tahan ganoderma, pemuliaan tanaman sawit kaya PUFA di sector hulu. Sedangkan di Hilir dihasilkannya teknologi pengolahan biosurfaktan, CBE (cocoa butter equivalen) dan pekatan karoten, untuk sector lingkungan banyak penelitian mengenai HCV yang sekarang banyak dipegang dan dijalankan oleh peneliti dari universitas terkemuka di Indonesia.

Kedepannya diharapkan lebih banyak lagi riset dan penelitian yang membantu meningkatkan daya saing Indonesia di bidang Kelapa Sawit. Karena Kelapa Sawit adalah bisnis prospektif yang sangat menguntungkan bagi devisa negara dan masyarakat di sekitar perkebunan Kelapa Sawit.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: