Posted by: Fryana | October 31, 2009

Tanah Papua

Perkebunan kelapa sawit berkembang dengan sangat pesat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.  Indonesia sekarang sudah menjadi Negara nomer satu dalam jumlah lahan yang dikonversi menjadi perkebunan sawit. Laju pembukaan lahan kebun baru telah membawa konsekuensi dan implikasi yang positif dan negatif baik terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.  Belajar dari berbagai pengalaman dan realita lapangan yang ada, maka upaya mendorong pengelolaan perkebunan sawit dan termasuk rantai perdagangan dari hasil kebun sawit untuk dapat dilakukan secara bertanggung jawab dengan mempertimbangkan keberlanjutan aspek ekologi/lingkungan, sosial dan ekonomi.

Suku di Papua

Saat ini di Indonesia dua pulau besar yaitu, Sumatera dan Kalimantan sudah sebagian besar menjadi perkebunan kelapa sawit.  Dua pulau tersebut dipilih karena memiliki kesuburan tanah dan kecocokan tanah untuk pertumbuhan kelapa sawit.  Saat ini banyak investor dan perusahaan perkebunan kelapa sawit membidik Papua sebagai lahan baru untuk budidaya kelapa sawit. Tingginya keanekaragaman hayati Pulau (meliputi negara PNG dan RI) sudah diakui secara global. Untuk itu sangatlah penting agar dalam mengembangkan sektor perkebunan perlu memahami unsur kehati-hatian dalam melakukan konversi dan jmelestarikan lahan yang memiliki NKT.

Tanah Papua yang masih bisa dibilang perawan untuk kelapa sawit, kemungkinan besar sebentar lagi akan mulai merasakan dampak positif dan perkebunan kelapa sawit. Tentunya dengan masuknya kelapa sawit ke tanah Papua diharapkan dapat meningkatkan kemajuan Papua yang selama ini jauh tertinggal dari provinsi lain di Indonesia. Dengan melakukan pendekatan dan pembudidayaan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit, tentunya harapan tersebut dapat segera terwujud.

pertimbangan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: