Posted by: Fryana | September 29, 2009

Orang Utan

Orangutan SumateraTeman-teman yang aku maksud dengan Orang Utan, bukanlah orang yang hidup di hutan seperti tarzan. Mungkin kalau beberapa dari kalian pernah menonton film-film kartu dari Walt Disney seperti: Mowgli, The Jungle Book, Tarzan, dan banyak lagi film-film yang mengambil setting hutan. Namun sayang dalam tulisan saya kali ini, saya tidak membahas tentang mereka.

Teman-teman bisa melihat kalau semua karakter dari film tersebut mempunyai sahabat baik seekor primata. Nah, Orang Utan juga bisa dimasukkan keadalam kategori primata.

Orang Utan adalah seekor kera besar. Tetapi tidak sebesar gorila, Orang Utan hanya memiliki tinggai 1-1,5 meter saja. Habitan Orang Utan tersebar di Indonesia dan Malaysia. Untuk di Indonesia, Orang Utan hanya bisa ditemui di Kalimantan dan Sumatra. Orangutan dapat hidup pada berbagai tipe hutan, mulai dari hutan dipterokarpus perbukitan dan dataran rendah, daerah aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa gambut, tanah kering di atas rawa bakau dan nipah, sampai ke hutan pegunungan. Di Borneo orangutan dapat ditemukan pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut (dpl), sedangkan kerabatnya di Sumatera dilaporkan dapat mencapai hutan pegunungan pada 1.000 m dpl.

Orang Utan saat ini termasuk hewan langka karena prilaku manusia. Harus diakui keberadaan Orang Utan saat ini mungkin tidak lebih dari 100.000 ekor saja diseluruh dunia. Inilah tugas kita semua untuk bisa melestarikan mereka. Perkembang biakkan Orang Utan hampir sama dengan manusia, betinanya mengandung 8-9 bulan dan umumnya hanya melahirkan 1 orang anak saja.

Orang Utan yang paling langka adalah Orang Utan yang berasal dari Sumatera.

Survei baru-baru ini tahun 2004 memperkirakan ada sekitar 7.300 ekor orangutan Sumatra yang masih hidup di alam liar. Beberapa diantaranya dilindungi di lima daerah di Taman Nasional Gunung Leuser dan lainnya hidup di daerah yang tidak terlindungi: blok Aceh barat laut dan timur laut, sungai Batang Toru Barat, Sarulla Timur dan Sidiangkat.

orangutan-and-babySeyogyanya kita sebagai manusia harus dapat melindungi Orang Hutan dan melestarikannya. Perusahaan yang berinteraksi langsung dengan Orang Hutan juga harus mampu menjaga habitat mereka, sehingga mereka bisa terlepas dari ancaman kepunahan.


Responses

  1. wah… suatu bahasan yang sangat menarik bos.. :twothumbup:

    klo boleh usul, tambahin dong postingan mengenai peran swasta terhadap konservasi orang hutan..

  2. Siap sahabat, akan saya tulis mengenai orang utan lebih dalam lagi…

    Terima Kasih atas responnya sahabat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: