Posted by: Fryana | September 17, 2009

Indonesia vs NGO

Picture5Setelah melalui masa yang panjang, akhirnya Indonesia mampu menjadi produsen Kelapa Sawit terbesar di dunia. Hal inilah yang lalu menjadi Indonesia sebagai target pasar dan juga lahan investasi dari Negara dan perusahaan asing. Tetapi hal ini juga mengakibatkan Indonesia manjadi target operasi dari NGO-NGO atau LSM dalam upaya mereka untuk menentang industry Kelapa Sawit ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan besar adalah, apasih Kelapa Sawit itu. Kelapa sawit adalah tumbuhan penghasil minyak masak, minyak industry dan juga bahan bakar. Bahan bakar yang dihasilkan kelapa sawit adalah biodiesel yang ramah lingkungan. Di tengah menipisnya cadangan minyak bumi dunia, biodiesel adalah salah satu alternative pengganti minyak bumi. Selain itu biodiesel yang ramah lingkungan hanya berasal dari hasil olah Kelapa Sawit.

18335513_400x400Kelapa Sawit juga salah satu cara merevitalisasi hutan yang pernah hancur akibat logging atau illegal logging. Karena diketahui bahwa Kelapa Sawit juga menyimpan kandungan karbon yang cukup besar, dibandingkan dengan lahan tandus bekas penebangan hutan tersebut.

Tentunya dengan terbentuknya sebuah perkebunan Kelapa Sawit di suatu daerah juga akan meningkatkan standar kehidupan daerah tersebut. Sebagai contoh, sebuah perusahaan sawit yang terletak di daerah Kalimantan Tengah berinisiatif mendirikan sebuah yayasan yang bertugas mengembangkan pendidikan di daerah tersebut. Sekolah dengan nama Tunas Agro itu mampu meluluskan 100% siswanya, dan merupakan sebuah prestasi luar biasa yang tercatat di kota Sampit, Kalimantan Tengah.

Memang Kelapa Sawit juga memiliki dampak negative apabila ditangani oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi ditangan perusahaan yang bertanggung jawab, Industri Kelapa Sawit mampu menjadi cahaya penerang dan salah satu indicator kemajuan ekonomi masyarakat, daerah, bahkan nasional. Dengan mendukung Kelapa Sawit, saya rasa kita juga berarti mendukung kemajuan ekonomi Indonesia sehingga bisa dipandang hebat.

indahnya bersamaKenapa banyak NGO yang melarang perkembangan industry Kelapa Sawit di Indonesia? Mungkin banyak alasannya, tetapi saya melihat bahwa mereka melarang Kelapa Sawit di Indonesia karena Indonesia adalah buffer terakhir untuk ozon dan Global Warming. Saya melihat ini sebagai ketidakadilan, dimana Negara lain diperbolehkan untuk maju dan berkembang di bidang ekonomi sedangkan Indonesia tidak boleh berkembang. Lain halnya kalau “para pelarang” tadi itu memberikan kompensasi ekonomi yang berguna untuk masyarakat dan pendapatan nasional Indonesia.

 


Responses

  1. Hidup Indonesia!
    Hidup kemakmuran rakyat Indonesia!
    NGO yang ga mikirin rakyat jangan hanya bisa melarang dan menyerang dong kasih SOLUSI!! jangan hanya PROTES!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: