Posted by: Fryana | December 10, 2009

Pelabuhan Dumai

Indonesia sebagai negara produsen sawit terbesar di Asia, juga memiliki fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Salah satu fasilitas untuk mendukung industri Kelapa Sawit adalah moda transportasi untuk bisnis Kelapa Sawit. Pemerintah Indonesia memiliki 2 pelabuhan besar untuk transit dan bisnis Kelapa Sawit. Pelabuhan Dumai adalah salah satunya.

Pelabuhan Dumai berada di Propinsi Riau – Indonesia, dibangun tahun 1957 dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah wilayah kerja PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I. Kegiatan usahanya adalah penyedia jasa kepelabuhanan yang meliputi a.l. : kolam-kolam & perairan pelabuhan, pemanduan, penundaan, pelayanan barang, pengusahaan dan persewaan alat, pengusahaan TBAL (Tanah, Bangunan, Air, Listrik) serta Rupa-Rupa Usaha.

Pelabuhan Dumai mempunyai peran yang penting sebagai pintu gerbang perekonomian nasional Indonesia khususnya Propinsi Riau dan Propinsi lainnya di sekitarnya. Hal ini didukung oleh lokasinya yang strategis berada di Selat Malaka dan memiliki potensi hinterland a.l. pertanian, perkebunan sawit yang luas, pertambangan minyak bumi dan industri.

Secara geografis Pelabuhan Dumai merupakan pelabuhan samudera, terletak pada koordinat 01o – 41′ – 14″ LU dan 101o – 27′ – 42″ BT, terlindungi oleh Pulau Rupat sehingga terbebas dari gelombang dan badai, kondisi pasang surut tertinggi ± 346 cm dan terendah ± 36 cm.

Pelabuhan Dumai memiliki alur pelayaran sepanjang 55 mil terdiri dari 22 mil melalui Selat Bengkalis dan 33 mil melalui Selat Rupat, kelebaran alur minimum 255 meter dan maksimum 1,7 km dengan kedalaman rata-rata 16 meter, dapat dikunjungi oleh kapal-kapal samudera dan antar pulau dengan ukuran maksimum LOA 255 Mtr, 30.000 Grt, 47.000 DWT dengan draft 10,5 Mtr. Pelabuhan Dumai memiliki area seluas 785.161 M2, dimanfaatkan untuk fasilitas kepelabuhanan (dermaga, perkantoran, gudang, lapangan penumpukan, terminal penumpang dll) juga mempunyai area yang disewakan. Umumnya area yang disewakan dibangun pabrik, gudang dan tangki penimbunan CPO. Komoditi dominan melalui Pelabuhan Dumai adalah CPO (Crude Palm Oil) dan turunannya serta komoditi curah kering yaitu PKE (Palm Kernel Ekspeller), PKS (Palm Kernel Shell) serta pupuk.

sumber:  http://dumai.inaport1.co.id/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: